+62-81212773877 mengatasirambutrontok@gmail.com

4 Pemicu Rambut Rontok pada Wanita

rambut rontok pada wanitaRambut rontok terasa sungguh meresahkan. Bagaimana tidak, setiap saat lembar demi lembar rambut jatuh. Hingga rambut tampak tipis dan tidak indah. Rasa percaya diri pun tergerus karenanya. Rambut rontok juga menimbulkan ketakutan bahwa dalam jangka panjang akan terjadi kebotakan.

Menurut American Hair Loss Association (AHLA), sebagaimana yang dilansir ivillage.com, 40 % orang yang mencari pengobatan untuk rambut rontok adalah wanita. Problema rambut rontok memang tidak mudah diatasi. Untuk mengatasi rambut rontok, terlebih dahulu harus diketahui penyebabnya. Rambut rontok dengan penyebab tertentu, cara mengatasinya tentu berbeda dengan rambut rontok yang penyebabnya lain

[pullquote align=”left”]

Menurut American Hair Loss Association (AHLA), sebagaimana yang dilansir ivillage.com, 40 % orang yang mencari pengobatan untuk rambut rontok adalah wanita…

[/pullquote]Menurut Richard Mizuguchi, M.D., Director of Hair Restoration Surgery di St. Luke’s-Roosevelt Hospital Center di New York City, kerontokan rambut pada wanita dapat dipicu oleh empat faktor berikut ini.

1. Stres

Semua orang pasti sangat memahami bahwa stres berdampak sangat buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk kesehatan rambut. Fenomena kerontokan rambut akibat stres, penurunan berat badan secara drastis, pasca operasi besar, atau kehamilan dikenal sebagai telogen effluvium.

Ketika terjadi telogen effluvium, pertumbuhan rambut mengalami perubahan. Rambut menjadi lebih cepat berganti dari proses tumbuh ke fase ‘istirahat’ , hingga akhirnya rontok, yang dikenal sebagai fase telogen.

Jika dipastikan bahwa penyebab rambut rontok adalah stres yang berlebihan, cara mengatasi masalah ini tentu dengan mengurangi stres. Ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengurangi atau mengilangkan stres, antara lain menata batin sebaik-baiknya, mendekatkan diri kepada Tuhan, lebih pasrah dalam menjalani hidup, berolahraga, dan banyak melakukan kegiatan yang menjadi hobi.

2. Melahirkan

Menurut Richard Mizuguchi, ketika seorang wanita sedang hamil, mungkin rambutnya menjadi lebih lebat dibandingkan biasanya. Hal ini karena peningkatan hormon estrogen yang terjadi selama masa kehamilan, dan menurun setelah melahirkan. Hal dapat memicu terjadinya kerontokan rambut. Namun, kerontokan ini tidak bersifat permanen. Kerontokan rambut akan berhenti dengan sendirinya. Namun, tentu saja tetap diperlukan dukungan perawatan yang baik dan asupan nutrisi yang cukup.

[pullquote align=”right”]

Women Rogaine sangat efektif untuk menumbuhkan rambut dari 4 pemicu kerontokan rambut…

[/pullquote]3. Penurunan berat badan secara drastis

Anda sedang menjalani program diet? Berhati-hatilah karena diet ketat, yang mampu menurunkan berat badan lebih dari 5 kilogram per bulan, dapat menyebabkan Anda mengalami rambut rontok. Demikian dikatakan oleh Richard Mizuguchi. Pastikan diet yang Anda jalani tidak membuat tubuh Anda kehilangan banyak asupan nurtisi dan berat badan dalam jumlah yang banyak dalam waktu singkat.

4. Kekurangan zat besi

Zat besi berperan sangat penting dalam pertumbuhan rambut. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan pertumbuhan rambut terhambat atau terhenti. Daging, sayuran hijau, dan kacang-kacangan adalah sumber zat besi yang baik. Anda dapat mengonsumsinya untuk memenuhi kebutuhan zat besi Anda.